Semakin tingginya appresiasi maysarakat akan desain adalah indikasi yang baik buat para designer untuk lebih kreatif dalam menghasilkan karya mereka, apalagi saat ini tidak ada batasan ataupun aliran desain yang akan membuat kita ketinggalan di banding yang lain. Selama hasil karya kita menarik, harmonis, dan seimbang. Dan di situasi ini id sebagai seorang designer muncul dimana saja dari sabang sampai merauke, orang yang berkreativitas tinggi dan yang mempunyai jati diri lah yang akan menjadi pemenang. Untuk menjadi salah satu yang terbaik tentu tidak dapat diraih dengan seketika Kita harus mau bekerja keras dan jangan menyerah adalah beberapa kunci menuju itu. DapetIlmu memiliki beberapa tips dan trick untuk membantu kita berkreativitas tinggi dan mempunyai jati diri pula.

1. Latihan
Poin ini tidak dapat disangkal lagi! Untuk menjadi seorang grafik desainer kita harus memiliki jam terbang yang tinggi untuk latihan. Jangan pernah puas dengan kemampuan kita sekarang. Ingat pepatah orang kuno " Di atas Langit Masih Ada langit " mungkin menjadi wejangan yang tepat. Akan selalu ada yang lebih baik, walau kreativitas tidak dapat dinilai dengan angka kita jangan pernah berhenti untuk berkarya.

2. Cari Inspirasi
Ingat pekerjaan kita adalah menghasilkan karya yang baik dan indah, kita akan memanjakan pikiran dan penglihatan orang lain dengan hasil karya kita, karena itu kita harus selalu mendapatkan inspirasi yang baru untuk terus dikembangkan, untuk mendapatkan inspirasi bisa kita lakukan dengan banyak cara. Indonesia sendiri adalah negara yang indah, sempatkan waktu kita untuk pergi ke berbagai tempat dan mengamati bagaimana keselarasan alam sekitar, walau terkesan remeh tetapi cara ini lah yang paling baik dalam menghasilkan karya. Banyak designer profesional menemukan perpaduan warna yang luar biasa karena alam
bagaimana warna daun yang gugur berwarna kuning kecokelatan tampak selaras dengan daun yang masih segar dengan warna hijau pekat, ataupun gradasi warna batu alam,langit sore, dan ukuran berbagai benda yang asimetris. Terlalu Sibuk??? Oke...bila itu yang menjadi alasan anda dapat meluangkan sedikit waktu untuk browsing ke galeri karya designer yang lain atau mengunjungi pameran foto,museum.dan melihat portofolio desainer profesional.

3. Jangan Menjadi Penjiplak
Kebanyakan dari kita sebagai seorang desainer tidak memiliki jati diri, kita cenderung mengikuti style designer tertentu dalam berkarya, bila ini yang kita lakukan maka sulit buat kita untuk menjadi designer yang diperhitungkan kedepannya.

4. Mengikuti kompetisi
Kompetisi adalah ajang yang baik untuk mengukur kemampuan dan meningkatkan kreativitas, ingat bertanding bukan harus selalu menang, Betapa berharga nya pengalaman anda bila pernah mengikuti pertandingan advance walau tidah berhasil dengan suatu kemenangan namun semangat dan mata anda akan terbuka untuk berkembang lebih baik dari sekarang dari pada anda tidak mencoba sama sekali.

5. Perkuat dasar dalam memahami produk yang digunakan
Banyak desainer yang gagal disini, mereka tidak mau menguatkan dasar mereka dalam memahami produk yang mereka gunakan untuk mendisain baik itu photoshop,illustrator, corel dan sebagainya. Dapetilmu mengerti bila kamu ingin langsung bisa menghasilkan effek foto yang WOW....tetapi alangkah baiknya kamu menguasai berbagai fungsi tools terlebih dahulu, memang benar dengan banyaknya tutor yang beredar di internet mudah bagi kita untuk menghasilkan effek tanpa perlu berpikir bagaimana konsep itu dihasilkan, tapi sampai kapan kamu menjiplak efek atau trik orang lain?? Tujuan tutor diberikan adalah untuk memberi pengetahuan tambahan bagaimana mengkreasikan karya yang indah dengan berbagai tools yang sudah ada, ataupun mengungkap kegunaan baru sebuah tools yang perlu kamu ketahui. Jadi sewaktu waktu kamu bisa membuat karya yang indah dengan pengetahuan itu, bukan membaca tutor yang ada lalu dipraktekkan hanya sampai bisa menghasilkan karya yang sama seperti tutornya. ;P

6. Ikuti perkumpulan dan organisasi grafik desain
Mengikuti forum desainer adalah salah satu trik yang baik agar kita tidak ketinggalan dengan what's hot in design dan dapat juga kita manfaatkan untuk bertanya dengan senior disana bila kita menghadapi kendala di dunia desain, atau share pendapat yang berguna sekali buat kembangin kreatifitas kamu. Ada banyak forum ataupun komuniti yang tersebar baik itu untuk di dalam indonesia ataupun internasional, deviantart adalah salah satu contoh nya.

7. Jaga kesehatan
Jangan tertawa ketika membaca poin ini, kesehatan mutlak diperlukan untuk menghasilkan karya, bagaimana mungkin kita tertarik bekerja sementara kepala puyeng? Apalagi tujuan kita untuk menjadi desainer besar bukan desainer dadakan, jelas kita tidak bisa tidak memperhatikan keadaan tubuh kita. Olahraga minimal seminggu sekali saja sudah banyak membantu kok? Juga ketika di depan komputer usahakan untuk mengistirahatkan mata dan tubuh setiap satu jam selama 5 hingga 10 menit, O ya juga latih otot tangan kamu, bekerja minimal 4 jam sehari menggunakan tangan sebenarnya cukup berbahaya untuk tangan
maka lakukan urutan ataupun pijatan ringan untuk melemaskan otot tangan yang kaku ya?

8. organize your computer
Secara tidak kita sadari ketika kita bekerja kita banyak membuang waktu untuk mencari - mencari file yang dibutuhkan. Coba dari sekarang kita koordinir kembali isi komputer kita, jangan meletakkan jenis file yang sama di folder yang terpisah, bagi - bagi file yang ada sesuai dengan jenis ataupun kategori mereka, sehingga ketika kamu butuh tidak perlu mumet mencarinya bahkan sampai menggunakan search karena lupa dimana meletakkannya. contohnya di komputer DapetIlmu nih, DapetIlmu membuat sebuah folder khusus untuk data Gambar, lalu di bagi berdasarkan formatnya (psd,jpg,gif,png,raw,cdr,ai,eps, dsb). Di masing
masing folder itu Dapetilmu bagi lagi berdasarkan kategori (mis: Pemandangan,portrait,abstrack,object,human/people,Artist, manga/anime,poster, dsb). mungkin kelihatan ribet dan terlalu banyak tetapi bentuk ini jauh lebih baik daripada menggabung semua dalam satu folder. Lebih baik lagi kamu tentukan foto yang ingin diolah,di copy ke dalam satu folder, selain menjaga agar foto asli tidak ditimpa karena kelalaian (Dapetilmu pernah mengalami ini),juga menghemat waktu ketika mulai bekerja karena kamu langsung menuju tkp untuk mengambil datanya.

9. Backup Komputer
Segala kemungkinan bisa terjadi, jangan gigit jari kalau tiba - tiba komputer kamu merajuk dan mogok bekerja dengan sebuah tulisan di layar " Bad Sector " karena kamu tidak pernah mengindahkam mereka kecapekan ketika bekerja dengan sejuta efek dan filter he he he :D. Daripada begitu mending data kamu seperti resource,tutorial, tools dan yang terpenting hasil karya yang telah begitu susahnya kamu buat di backup ke media lainnya seperti hdd eksternal,Dvd, dsb. Jangan malas deh demi kebaikan
kamu juga nih...

10. Menghargai dan Dihargai
Hayoo siapa yang ga pernah mengucapkan terima kasih ke orang lain setelah dibantu begitu banyak, walau di dunia maya sekalipun etiket untuk berterima kasih sangat dihargai, berbagai cara dapat kamu lakukan untuk ini ( ga perlu sampe ke luar untuk say thanx)Cukup dengan memberi comment yang udah disediakan tempatnya akan sangat baik dibanding kamu masuk ke web orang, copy paste semua yang ada lalu meninggalkan web itu seperti tidak ada masalah....sangat tidak beretiket!!! Berterima kasihlah bila kamu merasa mendapatkan ilmu baru yang berguna, puji bila kamu merasa mendapatkan ilmu yang diberi sangat sangat berguna, dan cukup beri kritikan sopan bila kamu merasa yang diberikan tidak banyak membantu ataupun merasa ada yang kurang. Dengan begitu webmaster
nya akan tahu,senang dan bakal lebih banyak membagi ilmu nya ( kebayakan dipuji buat dia lupa diri dan bagi - bagi ilmu nya pun lebih banyak, nah kalau begini siapa yang untung??? ). Pengalaman Dapetilmu bila mendapatkan sesuatu yang berguna dari web orang lain sebisa mungkin Dapetilmu meninggalkan comment dan bahkan nge klik beberapa iklan ( seperti google adsense,adbrite,dsb bila ada ). Kan tujuan mereka buat web selain membagi ilmu juga mendapatkan penghasilan kan?. Jadi dengan belajar menghargai orang lain kamu akan semakin dihargai nantinya.

oke semoga tips dan trick ini membantu kamu untuk lebih kreatif,produktif,efisien lha ini kok seperti iklan yah?? he he he ^_^.
Semoga sukses semuanya. Nantikan artikel menarik lainnya dari Dapetilmu.blogspot.com

6 comments

  1. Anonymous // 4 December 2008 at 21:48  

    hyyy

    this blogspot is so useful

    thank you blacky

    sasha pierce

  2. Anonymous // 4 December 2008 at 21:51  

    woww

    bru x nih
    blog indo ngasih news yang lengkapp

    harigato

    id black

    kira

  3. Gilang Prefect // 25 December 2013 at 07:29  

    Terima kasih gan atas ilmunya

  4. Ayu Sriwahyu Ningsih // 25 February 2014 at 08:04  

    sip gan,artikelnya bagus dan bermanfaat.:)

  5. Risky Buncit // 28 August 2014 at 23:53  
    This comment has been removed by the author.
  6. Risky Buncit // 28 August 2014 at 23:54  

    mantap bro blognya thank you

Related Posts with Thumbnails