Tak bisa dipungkiri mengikuti pertandingan sebenarnya akan memaksa kita untuk lebih baik dari kemampuan kita yang sebenarnya, akan ada beban mental tersendiri yang akhirnya membuat kita melakukan sesuatu di luar batas kewajaran karena akan ada selalu orang yang lebih baik dari kita ikut berkompetisi, maka dapetilmu merasa ini sign yang bagus, ketika kamu berkompetisi dan menemukan banyak orang yang jauh lebih baik dari kamu maka ada beberapa hal yang dapetilmu sarankan

1. Jangan Minder
Mengetahui dimana batas kemampuan kamu memang baik tapi jangan sampai membuat mu minder yang pada akhirnya menjatuhkan mental mu secara perlahan dan menerima kekurangan mu sebagai sebuah kekalahan.

2. Berpikir Positif
Melihat lawan yang tangguh??jangan cemburu lantas menjauhinya atau membencinya dan akhirnya ketika berkompetisi kita tidak memanfaatkan informasi yang dia miliki sebagai informasi tambahan yang bagus, mis: kompetisi grafitti secara live kamu menemukan bagaimana lawan kamu yang luar biasa tangguh, dia bahkan seperti michelangelo di dunia grafitti. Yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan tekhnik dia, dan dapat kamu gunakan sebagai bahan pembelajaran bukan membencinya lalu berusaha sebisa mungkin tidak terpengaruh olehnya dan yang terburuk kamu tidak mengakui karyanya yang baik.

3. Review
Dengan kompetisi kita bisa menilik kemampuan kita secara nyata, jangan seperti katak di dalam tempurung yang puas dengan apa yang kita miliki sekarang ini, sering sekali seorang designer menemukan sebenarnya dia jauh ketinggalan dan menemukan banyak kekurangan setelah mereview karnya nya dibanding karya orang lain, dan seperti dapetilmu tulis sebelumnya jangan minder dan harus berpikir positif! Setelah melihat karya kamu belum bisa menjadi masterpiece seperti yang lainnya lantas kamu membenci kompetisi dan berjanji untuk tidak mengikutinya lagi? auwww kamu baru saja membuang kesempatan kamu untuk menjadi seorang master pada saat itu juga. Pada kenyataanya banyak designer yang berhasil karena mengikuti kompetisi secara tidak langsung mereka terbawa arus untuk lebih baik dan lebih baik, menuntut mereka untuk latihan dan bereksperimen.

4. Berlapang Dada
Di dalam kompetisi kemungkinan besar kita akan menemukan orang-orang yang kritis terhadap karya orang lain. Tak jarang komentar pedas dan sindiran kita dapatkan terhadap karya kita, nah untuk kasus seperti ini perhatikan siapa yang mengomentari apakah ia seorang designer yang baik dan karya-karya nya patut diacungkan jempol? Maka selamat! Karya mu mungkin menarik perhatian dia tetapi ada beberapa kekurangan yang harus kamu perbaiki, namun bila kamu menemukan komentar dari orang yang tidak jelas statusnya atau pemula seperti mu maka saring komentar dia selama komentar dia pedas tetapi ada pesan tersirat yang membangun di dalamnya maka terima saja sebagai sebuah masukan yang baik, bila hanya sebuah komentar konyol yang tidak dapat dipertanggung jawabkan maka abaikan. Dan poin penting lainnya terima dengan lapang dada kalau karya kamu belum baik untuk saat ini dan kamu akan berusaha untuk lebih baik dari waktu ke waktu.

Dapetilmu memiliki seorang sahabat yang pada awalnya tidak bisa mendesign sama sekali, mungkin ketika kamu melihat karyanya kamu akan percaya, tata letaknya buruk sekali, pemilihan warna juga sangat tidak menarik dan masih banyak kekurangan yang membuat karyanya sangat tidak baik, namun setelah dapetilmu sarankan untuk mengikuti kompetisi ada perubahan signifikan terhadap karyanya walau hingga saat ini dia belum memenangkan sesuatu namum gap antara karyanya pada awalnya dengan saat ini sangat mengagumkan, dan dapetilmu yakin bila ia tetap bersemangat seperti itu kemungkinan besar dia akan menjadi salah satu designer yang kompeten. Karya pertamanya di kompetisi menuai protes dan komen yang sangat menjatuhkan mental dan hal baik dari dirinya dia melaksanakan ke empat poin yang dapetilmu tuliskan, dia tidak jera untuk berkompetisi dan terus memperbaiki karyanya sesuai dengan komen orang dan menjadikan karya pemenang sebagai acuan dan bahan pembelajaran baginya.

di postingan berikutnya dapetilmu akan beberkan beberapa situs yang wajib kamu ikuti dan laksanakan kompetisinya sesuai dengan yang dapetilmu sarankan dan perhatikan perubahan yang kamu dapatkan!
Semoga post ini membantu :)

0 comments

Related Posts with Thumbnails